Sayuran Berserat Bermanfaat

Sayuran Berserat Bermanfaat

Serat merupakan zat yang sangat dibutuhkan bagi tubuh kita, pentingnya konsumsi serat dapat menghindari obesitas dan melundungi tubuh dari berbagai penyakit. Sayuran merupakan makanan yang mengandung serat alami dimana serat membantu proses metabolisme seperti proses penyerapan air dan lemak dalam sistem pencernaan terutama pada usus besar. Peranan serat dapat merangsang dan mempercepat aktivitas usus secara normal dalam proses pengeluaran kotoran sehingga kesehatan usus menjadi terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit. Serat alami yang terdapat dalam sayuran juga dapat menyerap lemak seperti kolestrol, sehingga jika kita mengosumsi sayuran berserat bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung.  Untuk memudahkan apakah sayuran tersebut berserat tinggi atau tidak dapat kita lihat pada warna sayuran tersebut

Mafaat Sayuran Berserat

Serat secara alami merupakan komponen yang terdapat dalam sayuran tidak dapat dicerna atau diserap oleh tubuh. Serat makanan tidak tercerna secara enzimatik menjadi bagian-bagian yang dapat diserap di saluran pencernaan sehingga tidak menghasilkan energi atau kalori, tetapi baik untuk kesehatan. Walaupun serat makanan tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, tetapi bakteri yang ada di saluran pencernaan dapat merombak zat tersebut. Serat tidak dapat diserap dalam usus halus dan tidak dapat masuk dalam sirkulasi darah, serat ini akan dibawa oleh usus halus masuk ke dalam usus besar, sehingga serat tidak menghasilkan energi bagi tubuh. Ada dua jenis serat yaitu serat larut air dan yang tidak larut air. Serat alami larut air didapatkan dari buah dan sebagian besar sayur sayuran. Serat larut dapat membantu memperlambat penyerapan gula dan memperbaiki kadar gula dalam darah. Diet sehat yang mencakup serat yang tidak larut juga dapat mengurangi risiko diabetes . Sedangkan serat tak larut air terdapat pada biji-bijian, gandum, dan beberapa jenis sayur seperti bayam.

Pada umumnya, serat akan cepat melewati usus karena tidak dapat dicerna, sehingga sangat tepat dikonsumsi jika ingin berdiet. Alasannya adalah karena sayuran berserat dapat meingkatkan rasa kenyang dan menjaga konsentrasi gula darah menjadi tetap stabil sehingga pembakan lemak tidak terganggu. Selain itu sayuran berserat dapat menyerap cairan dari tubuh dan menambahkannya pada pembungan kotoran, mekanisme ini bermanfaat dalam mengendalikan kebiasaan makan dan mengurangi lemak yang tersimpan di dalam tubuh serta dapat menurunkan berat badan. Sayuran yang dimasak cenderung memiliki jumlah serat yang tinggi karena dapat berubah menjadi gel dalam usus yang terlarut dan baik untuk penyakit kronis. Oleh karena itu bagus untuk menjaga kondisi tubuh, karena dengan mengonsumi sayuran banyak serat dapat melancarkan pergerakan makanan sehingga fungsi pencernaan kita menjadi optimal. Pastikan makanan yang akan kita makan mengandung cukup serat apalagi yang sedang menjalani diet.

Melewatkan dosis serat setiap hari sering menyebabkan sembelit, yang dapat membuat pergi ke kamar mandi terasa menyakitkan dan tidak nyaman. Terlalu banyak makan dengan serat juga tidak baik karena dapat memindahkan makanan melalui usus terlalu cepat, yang berakibat lebih sedikit mineral yang diserap dari makanan. Hal tersebut dapat menghasilkan gas yang tidak nyaman pada perut dan meyebabkan perut kembung, dan kram, terutama ketika asupan serat meningkat secara dramatis. Berikut ini adalah contoh sayuran yang memiliki serat tinggi :

1. Daun Selada

2. Mentimun Kecil

3. Seledri

4. Pare

5. Kubis

6. Paprika

7. Wortel

8. Bayam

9. Buncis

Jangan lupa asupan sayuran berserat anda.