Sistem Hidroponik

Perkembangan Sistem Hidroponik yang Kini Semakin Canggih

Saat ini kondisi lingkungan sudah sangat berbeda dengan puluhan tahun yang lalu. Mulai dari udara dan temperature yang berubah juga menambah permasalahan ruangan. Hal ini disebabkan oleh populasi yang semakin sesak. Salah satu sektor yang paling merasakan dampaknya yaitu sektor pertanian.

Berangkat dari berbagai permasalah tersebut, masyarakat terus berusaha mencari berbagai cara agar tetap bisa bercocok tanam dengan baik. Seiring perkembangan zaman kini telah hadir sistem bercocok tanam dengan hidroponik. Dilansir dari berbagai sumber yang ada, kali ini akan dijelaskan mengenai perkembangan hidroponik sampai saat ini.

  1. Masih banyak yang belum tahu tentang metode Hidroponik

Hidroponik ini sendiri berasal bahasa Yunani, Hydro artinya air dan ponous artinya bekerja. Sehingga secara keseluruhan hidroponik merupakan teknologi untuk bercocok tanam yang mengutamakan media air dan menambahkan nutrisi serta oksigen. Untuk pemberian pupuk dalam metode hidroponik ini diberikan dalam bentuk cairan. Jadi didalam air terdapat larutan nutrisi yang akan diserap oleh akar.

  1. Terdapat banyak kelebihan ketika bercocok tanam menggunakan metode hidroponik

Walau sistem ini hanya menggunakan media air, namun pengemasan yang rapi membuat air tidak mudah menguap. Penyerapan air dan nutrisi yang baik maka membuat tanaman hidroponik ini akan tumbuh 50% lebih cepat. Hal ini disebabkan tidak adanya nutrisi yang terbuang dan proses penyaringannya sangat mudah. Dapat dikatakan kalau sistem hidroponik ini sistem kerjanya lebih mudah dan efisen serta lebih menghemat biaya yang dikeluarkan.

Selain itu kebersihan dalam metode hodroponik  lebih terjaga sehingga mampu mencegah hidupnya hama penyakit. Kelebihan yang paling utama dari sistem ini yaitu anda tidak membutuhkan tanah dan tidak membutuhkan banyak tempat. Anda dapat mengatur sendiri proses penanamannya secara vertikal

  1. Metode hidroponik ini hadir sebagai solusi bercocok tanam yang terhalang oleh sempitnya lahan dan tanah yang kurang subur

Kita ketahui bersama kalau di Indonesia ini terkenal memiliki tanah yang subur dan iklimnya sangat cocok untuk bercocok tanam berbagai jenis tanaman. Namun kondisi ini tidak semua sama di berbagai wilayan Indonesia. terdapat wilayah yang kesulitan dalam menanam jenis tanaman tertentu. Adanya metode hidroponik ini sebagai solusi budidaya tanaman yang memanfaatkan media air untuk proses pertumbuhannya. Sehingga anda tidak perlu menyediakan tanah untuk bercocok tanam. Sistem hidroponik ini sangat cocok dijadikan solusi bagi wilayah yang kondisi tanahnya kurang subur atau tidak memiliki lahan yang luas untu bercocok tanam.