Teknologi Pertanian di Indonesia

Manfaat Kemajuan Teknologi Pertanian di Indonesia Pada Tahun 2019

Negara Indonesia termasuk negara agraris sehingga bidang pertanian merupakan sektor yang paling potensial untuk dikembangkan. Bidang pertanian di Indonesia ini memiliki peranan penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Sebagian besar mata pencarian masyarakat di Indonesia saat ini yaitu sebagai petani.

Saat ini teknologi pertanian di Indonesia sudah berkembang sangat pesat. Hal ini tentunya mampu menarik perhatian banyak kalangan. Tidak hanya bagi orang-orang yang bergerak di sektor pertanian, banyak orang awam yang penasaran juga dengan kemajuan teknologi pertanian ini.

Kemajuan ini tak lepas dari kontribusi pihak pemerintah, lingkungan universitas dan perusahaan swasta. Kini mereka berlomba untuk mengembangkan teknologi pertanian menjadi lebih baik di masa mendatang. Walau berbagai alat teknologi pertanian terbaru sudah ditemukan, anda pun masih dapat menemukan alat tradisional seperti cangkul, ani-ani, sabit dan masih banyak lainnya.

Alat alat tradisional pertanian ini sudah ada sejak zaman dahulu dan sangat membantu dalam menjalankan berbagai aktivitas pertanian. Namun apabila dibandingkan dengan teknologi terbaru, pekerjaan petani kini sudah semakin berkualitas , cepat dan mudah. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat kemajuan teknologi di sektor pertanian.

  1. Mendapatkan benih yang berkualitas

Teknologi pertanian terbaru saat ini tidak lepas dari pihak perusahaan yang mampu menghasilkan benih yang unggul. Seiring melibatkan alat teknologi maka penghasil benih ini diharapkan mampu menghasilkan benih yang unggul dan berkualitas baik. Kita ketahui bersama kalau jagung hibrida kini benihnya diproduksi dengan bantuan teknologi pertanian. Hal ini membuat jagung memiliki kualitas yang baik, unggul dan jagung memiliki biji yang banyak.

  1. Mampu menghasilkan pupuk kimia yang terbaik

Seiring menggunakan teknologi modern maka pihak perusahaan mampu menghasilkan pupuk yang berkualitas dan berbagai jenis obat pertanian yang berkualitas baik. dengan pemberian pupuk ini tentunya diharapkan panen para petani akan semakin meningkat. Omset yang dihasilkan pun semakin bertambah. Hal ini diharapkan mampu mengangkat derajat petani semakin naik dan sejahtera.

  1. Adanya alat modern

Keberadaan alat pertanian yang modern ini memiliki pengaruh besar dalam hal produktivitas yang dihasilkan oleh petani. Memanfaatkan alat yang canggih ini akan mempengaruhi aktivitas dalam bercocok tanam. Semua pekerjaan akan terasa lebih cepat dan tentunya hasil panen akan lebih banyak. Selain pekerjaan lebih cepat, tenaga manusia yang dibutuhkan pun tidak sebesar ketika masih menggunakan alat tradisional.

  1. Mampu meningkatkan pendapatan petani

Seiring adanya teknologi pertanian, hal ini juga berpengaruh terhadap pendapatan seorang petani. Seperti mendapatkan benih yang berkualitas maka akan menghasilkan panen yang berkualitas dan hasil yang melimpah. Hasil dari penggunaan benih yang unggul mampu meningkatkan harga jual panenan dari biasanya.

Demikianlah beberapa manfaat menggunakan alat modern dalam sektor pertanian. Semoga teknologi pertanian di indonesia akan semakin berkembang dan maju. Diharapkan kehidupan para petani akan lebih sejahtera dan memiliki hasil pertanian yang berkualitas.