Yang Harus Diketahui Tentang Diet Sehat

Hal-Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Diet Sehat

Diet yang sehat bukan berarti membatasi diri untuk makan, memaksa tubuh untuk terlihat kurus secara tidak realistis, atau tidak memakan makanan yang Anda sukai. Sebaliknya, diet sehat bertujuan untuk memiliki tubuh bugar, lebih banyak energi, meningkatkan kesehatan serta meningkatkan suasana hati. Sebenarnya diet sehat tidaklah rumit. Jika terlalu terpaku dengan semua saran nutrisi dan diet yang saling bertentangan di luar sana serta pendapat setiap ahli yang berbeda-beda, akan menjadikan diet sebagai hal yang menyiksa. Yang penting itu adalah pola makan secara keseluruhan. Landasan dari diet sehat harus menggantikan makanan olahan dengan makanan yang organik atau makanan yang lebih sehat dan tinggi protein. Beberapa saran ahli mengenai diet mungkin menjelaskan bahwa kita semua membutuhkan keseimbangan protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral dalam makanan kita untuk mempertahankan tubuh yang sehat. Jadi tidak perlu menghilangkan kategori makanan tertentu untuk diet, melainkan memilih opsi yang paling sehat dari setiap kategori.

Nutrisi Penting untuk Diet Sehat

1. Protein
Protein memberi Anda energi untuk beraktivitas sehari-hari juga mendukung suasana hati dan fungsi kognitif. Terlalu banyak protein bisa berbahaya bagi penderita penyakit ginjal, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa banyak dari kita membutuhkan lebih banyak protein berkualitas tinggi, terutama seiring bertambahnya usia. Itu tidak berarti kita harus makan lebih banyak produk hewani — berbagai sumber protein nabati setiap hari dapat memastikan tubuh Anda mendapatkan semua protein esensial yang dibutuhkannya.

2. Lemak
Tidak semua lemak itu sama. Sementara lemak jahat dapat merusak tubuh dan meningkatkan risiko penyakit tertentu, sementara lemak baik bertugas melindungi otak dan jantung. Faktanya, lemak sehat — seperti omega-3 — sangat penting bagi kesehatan fisik dan emosional. Termasuk lebih banyak lemak sehat dalam diet Anda dapat membantu meningkatkan mood kita, meningkatkan kesejahteraan, dan bahkan memangkas lemak jahat.”

3. Serat.
Mengonsumsi makanan yang kaya serat (biji-bijian, buah, sayuran, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan) dapat membantu metabolisme tubuh tetap teratur dan menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Ini juga dapat meregenerasi dan bahkan membantu menurunkan berat badan.

4. Kalsium.
Selain menyebabkan osteoporosis, tidak mendapatkan cukup kalsium dalam makanan juga dapat menyebabkan kecemasan, depresi, dan kesulitan tidur. Berapapun usia atau jenis kelamin manusia, penting untuk memasukkan makanan kaya kalsium dalam menu, batasi makanan yang menguras kalsium, dan dapatkan magnesium dan vitamin D dan K yang cukup untuk membantu kalsium melakukan tugasnya.

5. Karbohidrat.
Karbohidrat adalah salah satu sumber energi utama tubuh kita. Tetapi sebagian besar harus berasal dari karbohidrat kompleks (sayuran, biji-bijian, buah) daripada gula dan karbohidrat olahan. Mengurangi nasi, roti, kue kering, tepung, dan gula dapat mencegah lonjakan gula darah, fluktuasi suasana hati dan energi, dan penumpukan lemak, terutama di sekitar pinggang.

Beralih ke diet sehat

Beralih ke diet sehat bukan berarti segala sesuatu harus sempurna dan seimbang. Diet tidak harus sepenuhnya menghilangkan makanan yang enak dan nikmat serta tidak harus mengubah semuanya sekaligus secara ekstrim, karena biasanya malah akan membuat kita lebih ingin makan banyak dan membuat diet jadi berantakan.

Pendekatan yang lebih baik adalah membuat beberapa perubahan kecil sekaligus. Menjaga makanan tertentu, bila memang sangat ingin makan makanan tertentu, boleh dimakan asal tidak berlebihan dan porsi dikurangi sedikit demi sedikit sehingga tidak merasa kehilangan atau kewalahan saat diet. Pikirkan merencanakan diet sehat sebagai sejumlah langkah kecil yang dapat dikelola, seperti menambahkan salad ke dalam menu diet sekali sehari. Saat perubahan kecil tersebut menjadi kebiasaan, maka dapat terus menambahkan pilihan yang lebih sehat.

Buah dan sayuran adalah menu diet paling sehat. Buah dan sayuran rendah kalori dan padat nutrisi, yang berarti mereka dikemas dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Fokus pada makan jumlah harian yang disarankan setidaknya lima porsi buah dan sayuran dan itu secara alami akan mengisi dan membantu mengurangi makanan yang tidak sehat. Satu porsi adalah setengah cangkir buah mentah atau sayuran atau apel kecil atau pisang, misalnya. Sebagian besar dari kita perlu menggandakan jumlah yang saat ini kita makan. Diet sehat bisa dimulai dengan perencanaan menu diet harian. Diet akan berjalan dengan baik jika di dapur anda memiliki banyak makanan sehat, simpanan resep cepat dan mudah, dan banyak camilan sehat.