Hidup Sehat Dengan Chia Seed

Hidup Sehat Dengan Mengonsumsi Chia Seed

Chia seed adalah salah satu makanan tersehat di dunia. Chia seed (Salvia hispanica) telah menjadi salah satu makanan super paling populer di komunitas kesehatan. Tanaman ini berasal dari spesies tanaman berbunga dalam keluarga mint, mereka berasal dari daerah Meksiko dan Guatemala tetapi umumnya dibudidayakan di banyak daerah di Amerika Utara dan Selatan.

Apa itu Chia Seed ?

Chia seed sering digunakan sebagai bahan utama dalam banyak resep makanan sehat, mulai dari makanan yang dipanggang hingga smoothie dan sebagainya. Mereka sarat dengan nutrisi yang dapat memiliki manfaat penting bagi tubuh dan otak Anda. Selain menawarkan rasa dan tekstur yang enak, biji-bijian ini juga sangat bergizi, membantu meningkatan energi, membuat gula darah seimbang, dan peningkatan kesehatan jantung.

Biji lezat ini mudah dicerna ketika disiapkan dengan benar dan bisa menjadi bahan yang sangat serbaguna yang bekerja dengan baik dalam berbagai resep. Selain itu, chia seed juga memiliki banyak nutrisi penting, termasuk serat, protein, mangan dan kalsium, bersama dengan banyak antioksidan dan asam lemak omega-3.

Bukan hanya itu, tetapi penelitian terbaru telah menemukan bahwa manfaat chia seed bahkan lebih besar dari yang disadari oleh para ilmuwan. Manfaat biji Chia termasuk menjadikan kulit sehat, mengurangi tanda-tanda penuaan, mendukung jantung dan sistem pencernaan, membangun tulang yang lebih kuat, dan banyak lagi.

Manfaat Chia Seed

Beberapa manfaat mengonsumsi chia seed :

1. Memelihara Kesehatan Kulit
Chia seed kaya akan antioksidan, yang memberikan manfaat l untuk kesehatan kulit. Antioksidan adalah senyawa yang melawan kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah stres oksidatif sementara juga membantu perbaikan jaringan dan melindungi terhadap kerusakan kulit.
Yang cukup menarik, para peneliti dari Meksiko baru-baru ini menemukan bahwa mereka memiliki konsentrasi antioksidan total hampir dua kali lebih tinggi daripada yang dilaporkan sebelumnya. Bahkan, aktivitas antioksidan biji chia terbukti menghentikan hingga 70 persen aktivitas radikal bebas. Sebagai salah satu makanan antioksidan paling tinggi di dunia, menambahkan biji chia ke dalam makanan Anda dapat membantu melawan penuaan dini dan melindungi sel-sel kulit terhadap kerusakan akibat radikal bebas untuk mengoptimalkan kesehatan kulit Anda.

2. Memelihara Kesehatan Pencernaan
Chia sarat dengan serat, diketahui bahwa menambahkan hanya satu ons biji chia ke dalam makanan harian Anda dapat memasok 44 persen dari kebutuhan serat Anda sepanjang hari.
Karena kandungan seratnya yang kaya, biji chia bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dengan meningkatkan keteraturan dan meningkatkan frekuensi tinja untuk mencegah sembelit. Serat juga bertindak sebagai prebiotik untuk menyediakan bahan bakar bagi bakteri menguntungkan dalam usus, yang memainkan peran sentral dalam banyak aspek kesehatan dan penyakit.
Selain itu, serat dalam biji chia juga menyerap jumlah air yang baik dan mengembang di perut, membantu membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama. Ini mungkin menjelaskan mengapa studi klinis bagaimana menggunakan biji chia untuk menurunkan berat badan bisa efektif dengan mengurangi rasa lapar dan menekan nafsu makan.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Berkat tingginya kandungan antioksidan, serat, dan lemak yang menyehatkan jantung, biji chia menjadi pukulan utama dalam hal kesehatan jantung. Faktanya, salah satu manfaat kesehatan biji chia yang paling kuat adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Peradangan dapat menyebabkan tekanan ekstra pada pembuluh darah dan diperkirakan berkontribusi terhadap penyakit jantung bersama dengan banyak kondisi kronis lainnya.
Biji chia mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, lebih banyak mengandung omega-3 per gram daripada salmon. Omega-3 bekerja untuk melindungi jantung dengan menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol dan peradangan. Sementara itu, serat yang ditemukan dalam biji chia dapat membantu mengelola kadar kolesterol dan menjaga arteri tetap bersih untuk meminimalkan risiko penyakit jantung koroner.

4. Seimbangkan Gula Darah
Chia seed kaya akan asam alfa-linolenat dan serat, bukti dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji chia dapat membantu menjaga kadar gula darah normal untuk melawan diabetes dan resistensi insulin. Salah sqtu penelitian kepada hewan di British Journal of Nutrition bahkan menemukan bahwa menambahkan mereka ke diet tinggi gula mencegah perubahan kadar gula darah dan kadar lemak. Terlebih lagi, penelitian pada manusia juga menemukan bahwa menambahkan biji chia ke roti putih mengurangi respon glikemik untuk mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah.

5. Tingkatkan Energi dan Kinerja Tubuh
Biji chia sering digunakan oleh atlet untuk pemuatan karbohidrat, sebuah strategi yang membantu memaksimalkan penyimpanan glikogen di otot dan hati untuk mengoptimalkan daya tahan dan meningkatkan kinerja olahraga. Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning menyimpulkan bahwa mengkonsumsi biji chia meningkatkan performa olahraga untuk latihan yang berlangsung 90 menit dengan cara yang sama seperti minuman olahraga yang sarat gula akan tetapi tanpa semua gula yang tidak sehat. Dalam studi tersebut, setengah dari atlet minum 100 persen Gatorade, sementara yang lain mengonsumsi setengah Gatorade dan setengah minuman biji chia. Pada akhirnya, waktu pelari cocok, tetapi kelompok setengah chia mengkonsumsi gula jauh lebih sedikit.
Selain itu, protein dalam biji chia dapat membantu membangun massa otot dan meningkatkan kekuatan untuk membantu bahan bakar latihan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi protein sebagai makanan pasca-latihan dapat membantu dalam perbaikan jaringan otot dan juga dapat membangun otot baru untuk mempercepat waktu pemulihan di antara latihan.