Budidaya Kangkung Hidroponik

Budidaya Kangkung Hidroponik Agar Berpenghasilan Puluhan Juta Perbulan

Tanaman kangkung merupakan sebuah tanaman yang kaya akan vitamin dan bagus untuk dikonsumsi oleh tubuh. Saat ini kangkung menjadi salah satu tanaman yang selalu dicari, baik dari golongan biasa sampai para pengusaha. Kita ketahui bersama banyak sekali restoran yang mahal menyediakan kangkung sebagai menu andalannya.

Selain dapat dikonsumsi kangkung ini jga sangat diminati untuk dijadikan sumber bisnis. Kini banyak sekali para petani yang sudah sukses hanya menanam kangkung. Sehingga banyak sekali para petani yang menjadikan kangkung sebagai penghasilan utamanya. Seiring perkembangan zaman, para petani mampu menghasilkan jutaan rupiah bahkan sampai puluhan rupiah perbulannya.

Sebagai ilmu pengetahuan, kangkung ternyata memiliki dua jenis yaitu kangkung cabut dan kangkung potong. Kalau kangkung potong cara panennya hanya tinggal memotong bagian batangnya dan dapat dipanen berkali-kali. Kalau kangkung cabut yaitu kangkung yang cara panennya harus di cabut dan harus menanamnya lagi kalau sudah panen.

Namun kita ketahui bersama kalau kangkung potong ini kurang banyak peminatnya. Hal ini dikarenakan kangkung potong memiliki tektur yang  alot dan keras. Selain itu kangkung potong ini sangat mudah layu sehingga terlihat tidak segar.

Seiring perkembangan jaman cara menanam kangkung ini ada 2 yaitu dengan cara hidroponik dan konvensional. Cara hidroponik yaitu dengan menggunakan air kalau konvensional yaitu dengan menggunakan tanah. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan cara menanam kangkung dengan sistem hidroponik. Sistem hidroponik ini tidak perlu memerlukan lahan yang luas.

Cara Budidaya Kangkung Agar Bisa Berpenghasilan Puluhan Juta Perbulan

  1. Mempersiapkan benih kangkung

Benih kangkung yang akan anda gunakan harus bagus agar mendapatkan omset yang besar. Pemilihan benih yang berkualitas akan mempengaruhi pertumbuhannya. Untuk itu silahkan vari benih kangkung yang unggulan. Silahkan menggunakan benih kangung cabut karena proses pertumbuhannya lurus ke atas, tidak merambat dan lebih cepat.

  1. Penyemaian benih kangkung

Langkah selanjutnya yaitu penyemaian benih kangkung

  1. Silahkan siapkan air hangat pada sebuah baskom dan silahkan rendam benih kangkung selama 1 hari
  2. Silahkan pilih benih kangkung yang tenggelam dan buanglah benih yang mengambang karena itu pertanda kalau benih tersebut tidak bisa berkecambah
  3. Siapkan kain yang tebal agar air dapat bertahan dan silahkan bungkus benih yang sudah di sortir
  4. Silahkan siram bungkusan benih dengan air hangat dan silahkan menjaga agar kain tetap lembab untuk mempercepat prose kecambahan benih kangkung

Setalah itu persiapkan lahan untuk menanam kangkung. Agar anda mampu mendapatkan omset yang besar silahkan menggunakan sitem Ntf atau paralon. Sistem ini mampu memproduksi dengan skala yang lebih besar.

  1. Pemindahan benih ke dalam paralon

Silahkan memindahkan benih dengan hati-hati agar tidak rusak. Setiap satu lubang paralon silahkan isi benih yang secukupnya agar pertumbuhannya bagus. Untuk perawatannya tidak terlalu sulit hanya menambahkan nutrisi agar terhidar dari serangan hama.

  1. Panen dan di jual

Kangkung dapat di panen kalau sudah berumur 1 bulan lebih. Hal inilah yang membuat kangkung banyak diminati. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sumber penghasilan utama anda.